Integrasi Teknologi Komputasi dalam Pendekatan Pedagogis Digital untuk Penguatan Literasi Keterampilan Bahasa dan Apresiasi Sastra Abad 21
Keywords:
Integrasi Teknologi Komputasi dalam Pendekatan Pedagogis Digital untuk Penguatan Literasi Keterampilan Bahasa dan Apresiasi Sastra Abad 21Abstract
Pembelajaran Bahasa Indonesia memiliki peran strategis dalam membentuk kemampuan literasi peserta didik di berbagai jenjang pendidikan. Bahasa tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi, tetapi juga sebagai sarana berpikir, memahami informasi, dan mengekspresikan gagasan. Karena itu, penguasaan bahasa yang baik menjadi fondasi utama bagi perkembangan akademik maupun sosial peserta didik. Di dalamnya terkandung berbagai keterampilan yang harus dikuasai siswa, mulai dari menyimak, berbicara, membaca, hingga menulis—keterampilan inti yang menjadi dasar dalam pembentukan literasi modern.
Perkembangan pembelajaran Bahasa Indonesia juga tidak dapat dipisahkan dari pemahaman tentang hakikat keterampilan berbahasa dan kesastraan. Setiap keterampilan memiliki karakteristik, tujuan, dan proses pembelajaran yang saling melengkapi. Pembelajaran sastra, yang mencakup apresiasi, pembacaan, penulisan, dan penceritaan, turut memberikan pengalaman estetis dan intelektual yang memperkaya perspektif peserta didik. Melalui aktivitas bersastra, siswa belajar memahami nilai-nilai kehidupan, kepekaan sosial, serta ekspresi budaya yang beragam semua ini merupakan unsur penting dalam penguatan literasi bahasa dan sastra.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yayasan Drestanta Pelita Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










