SENI TARI KONSEP DAN PENERAPAN DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Lailatul Usriyah
  • Intan Dwi Pandini

Keywords:

SENI TARI KONSEP DAN PENERAPAN DI SEKOLAH DASAR

Abstract

Pembahasan dalam buku ini dimulai dari unsur-unsur dasar tari seperti gerak, ruang, tenaga, dan waktu yang menjadi pondasi dalam menciptakan sebuah karya tari. Selanjutnya, pembaca diperkenalkan pada elemen komposisi tari yang mencakup desain lantai, perpindahan, dinamika gerak, tema, dan iringan yang membangun makna dalam pertunjukan. Melalui penjelasan ini, pembaca diajak memahami bahwa setiap gerakan dalam tari memiliki nilai, maksud, dan pesan tertentu, bukan sekadar rangkaian langkah tanpa tujuan.

Selain teori, buku ini juga menyajikan materi mengenai latihan tubuh, pengembangan gerak, serta penerapan koreografi sederhana yang dapat diajarkan di lingkungan sekolah dasar. Proses pembelajaran tari dijelaskan dengan pendekatan yang menyenangkan, kreatif, dan edukatif sehingga siswa tidak hanya meniru gerakan, tetapi mampu merasakan, mengekspresikan, dan memahami nilai estetika yang terkandung di dalamnya. Bagian mengenai tata rias dan busana tari menjadi pelengkap yang menegaskan bahwa tari adalah seni visual dan ekspresif yang mendukung suasana, karakter, dan alur pertunjukan.

Melalui pembahasannya, buku ini menekankan bahwa seni tari memiliki peran penting dalam pembentukan sikap, kreativitas, kepercayaan diri, kerja sama, serta apresiasi budaya pada peserta didik. Tidak hanya sebagai aktivitas fisik, tari juga menjadi wadah pembentukan karakter dan kecintaan terhadap kekayaan seni Indonesia yang beragam dan bernilai tinggi

Published

2025-11-28

How to Cite

Lailatul Usriyah, & Intan Dwi Pandini. (2025). SENI TARI KONSEP DAN PENERAPAN DI SEKOLAH DASAR. Yayasan Drestanta Pelita Indonesia. Retrieved from https://publisher.yayasandpi.or.id/index.php/dpipress/article/view/1789

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.