SENI TARI KONSEP DAN PENERAPAN DI SEKOLAH DASAR
Keywords:
SENI TARI KONSEP DAN PENERAPAN DI SEKOLAH DASARAbstract
Pembahasan dalam buku ini dimulai dari unsur-unsur dasar tari seperti gerak, ruang, tenaga, dan waktu yang menjadi pondasi dalam menciptakan sebuah karya tari. Selanjutnya, pembaca diperkenalkan pada elemen komposisi tari yang mencakup desain lantai, perpindahan, dinamika gerak, tema, dan iringan yang membangun makna dalam pertunjukan. Melalui penjelasan ini, pembaca diajak memahami bahwa setiap gerakan dalam tari memiliki nilai, maksud, dan pesan tertentu, bukan sekadar rangkaian langkah tanpa tujuan.
Selain teori, buku ini juga menyajikan materi mengenai latihan tubuh, pengembangan gerak, serta penerapan koreografi sederhana yang dapat diajarkan di lingkungan sekolah dasar. Proses pembelajaran tari dijelaskan dengan pendekatan yang menyenangkan, kreatif, dan edukatif sehingga siswa tidak hanya meniru gerakan, tetapi mampu merasakan, mengekspresikan, dan memahami nilai estetika yang terkandung di dalamnya. Bagian mengenai tata rias dan busana tari menjadi pelengkap yang menegaskan bahwa tari adalah seni visual dan ekspresif yang mendukung suasana, karakter, dan alur pertunjukan.
Melalui pembahasannya, buku ini menekankan bahwa seni tari memiliki peran penting dalam pembentukan sikap, kreativitas, kepercayaan diri, kerja sama, serta apresiasi budaya pada peserta didik. Tidak hanya sebagai aktivitas fisik, tari juga menjadi wadah pembentukan karakter dan kecintaan terhadap kekayaan seni Indonesia yang beragam dan bernilai tinggi
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yayasan Drestanta Pelita Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










