Machine Learning untuk Pemasaran Digital
Keywords:
Machine Learning untuk Pemasaran DigitalAbstract
Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, sehingga buku ajar ini yang berjudul “Machine Learning untuk Pemasaran Digital” dapat disusun dan diselesaikan dengan baik.
Buku ini hadir sebagai bentuk kontribusi dalam pengembangan pengetahuan dan keterampilan praktis di bidang teknologi pemasaran digital yang semakin berkembang pesat di era transformasi digital. Khususnya, buku ini mengupas secara terapan bagaimana algoritma Machine Learning—seperti Support Vector Machine (SVM) dan Gradient Boosting Machines (GBM)—dapat dimanfaatkan untuk analisis sentimen, evaluasi performa afiliasi, dan pengambilan keputusan strategis dalam pemasaran digital, dengan studi kasus TikTok Shop sebagai fokus implementasi.
Materi yang disusun dalam buku ini tidak hanya berisi teori, namun juga pendekatan praktis yang dapat langsung diaplikasikan oleh mahasiswa, dosen, peneliti, maupun praktisi di bidang Informatika dan Digital Marketing. Dengan pendekatan berbasis proyek, pembaca diajak memahami proses mulai dari pengumpulan data komentar, preprocessing teks, penerapan algoritma klasifikasi, hingga visualisasi performa dalam bentuk dashboard analitik. Buku ini diharapkan dapat menjadi referensi pembelajaran yang aplikatif dalam dunia akademik maupun industri, sekaligus mendorong semangat pembaca untuk mengeksplorasi pemanfaatan Machine Learning lebih lanjut dalam strategi pemasaran berbasis data.
Penulis menyadari bahwa penyusunan buku ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun dari pembaca sangat diharapkan untuk penyempurnaan edisi selanjutnya.
Akhir kata, semoga buku ini bermanfaat dan menginspirasi pembaca dalam menerapkan teknologi kecerdasan buatan untuk memajukan pemasaran digital di Indonesia.

Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yayasan Drestanta Pelita Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.