UMKM Berbasis Merek: Strategi, Aspek Hukum dan Implementasinya
Keywords:
UMKM Berbasis Merek : Strategi dan ImplementasiAbstract
Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas rahmat dan karunia-Nya sehingga buku yang berjudul "UMKM Berbasis Merek: Strategi, Aspek Hukum dan Implementasinya" ini dapat disusun dan diselesaikan dengan baik. Buku ini hadir sebagai respons atas pentingnya penguatan merek dalam menunjang pertumbuhan dan keberlanjutan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Dalam era persaingan global dan digital yang semakin ketat, merek bukan lagi sekadar simbol atau logo, melainkan menjadi aset strategis yang menentukan identitas, reputasi, dan nilai tambah suatu produk atau jasa. Sayangnya, banyak pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang belum memahami pentingnya perlindungan hukum terhadap merek, strategi membangun merek yang efektif, serta bagaimana implementasinya dalam kegiatan bisnis sehari-hari.

Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yayasan Drestanta Pelita Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.