UMKM Berbasis Merek: Strategi, Aspek Hukum dan Implementasinya

Authors

  • Atika Sunarto
  • Muhammad Ali Adnan
  • Keren Trifena Ompusunggu

Keywords:

UMKM Berbasis Merek : Strategi dan Implementasi

Abstract

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas rahmat dan karunia-Nya sehingga buku yang berjudul "UMKM Berbasis Merek: Strategi, Aspek Hukum dan Implementasinya" ini dapat disusun dan diselesaikan dengan baik. Buku ini hadir sebagai respons atas pentingnya penguatan merek dalam menunjang pertumbuhan dan keberlanjutan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Dalam era persaingan global dan digital yang semakin ketat, merek bukan lagi sekadar simbol atau logo, melainkan menjadi aset strategis yang menentukan identitas, reputasi, dan nilai tambah suatu produk atau jasa. Sayangnya, banyak pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang belum memahami pentingnya perlindungan hukum terhadap merek, strategi membangun merek yang efektif, serta bagaimana implementasinya dalam kegiatan bisnis sehari-hari. 

Published

2025-06-10

How to Cite

Atika Sunarto, Muhammad Ali Adnan, & Keren Trifena Ompusunggu. (2025). UMKM Berbasis Merek: Strategi, Aspek Hukum dan Implementasinya. Yayasan Drestanta Pelita Indonesia. Retrieved from https://publisher.yayasandpi.or.id/index.php/dpipress/article/view/1709

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.