Konsep Pembelajaran IPS Pendekatan Teoritis Dan Aplikatif IPS

Authors

  • Rachmat Panca Putera
  • Royan Rosyadi
  • Kharisma Idola Arga

Keywords:

Konsep Pembelajaran IPS Pendekatan Teoritis Dan Aplikatif IPS

Abstract

Bab pertama buku ini membahas konsep dasar ilmu, termasuk pengertian dan persyaratannya. Bab kedua melanjutkan dengan esensi dan konsep dasar ilmu-ilmu sosial, budaya, dan kealaman, memberikan pemahaman tentang landasan teoritis yang mendasari kajian ini. Bab ketiga fokus pada IPS dalam program pendidikan, menjelaskan hakikat dan pentingnya IPS sebagai bagian integral dari pendidikan.
Selanjutnya, bab keempat menyajikan kajian IPS dan perkembangannya di Indonesia, mulai dari pengertian hingga sejarah perkembangannya. Bab kelima menguraikan ruang lingkup IPS sebagai program pendidikan dan penerapannya di lapangan. Bab keenam memberikan gambaran mendalam tentang konsep dasar ilmu-ilmu sosial seperti geografi, sejarah, antropologi, sosiologi, dan psikologi sosial. Terakhir, bab ketujuh menyoroti pentingnya pendekatan interdisipliner dalam IPS serta kolaborasi antar disiplin ilmu untuk memecahkan masalah sosial.

Published

2024-10-09

How to Cite

Rachmat Panca Putera, Royan Rosyadi, & Kharisma Idola Arga. (2024). Konsep Pembelajaran IPS Pendekatan Teoritis Dan Aplikatif IPS. Yayasan Drestanta Pelita Indonesia. Retrieved from https://publisher.yayasandpi.or.id/index.php/dpipress/article/view/1620

Similar Articles

<< < 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.